Berbagi Kasih, Bukan Hate Speech

Berbagi kasih lebih baik daripada berbagi kebencian. Let's share the love speech, not the hate speech.
Facebooktwittergoogle_pluspinterestmail

Tanpa kita sadari, sebenarnya hate speech masih banyak terjadi sekarang ini, contohnya menyebarkan berita yang belum terbukti kebenarannya. “Hate speech” atau ucapan kebencian yang akhir-akhir ini terjadi sangatlah menyeramkan. Banyak orang yang menyalahgunakan media sosial untuk hal-hal yang bersifat provokasi, menghina ras suku agama demi kepentingannya sendiri, bahkan menyebarkan berita-berita hoax yang sama sekali tidak berguna. Mirisnya saat ini love speech kalah populer dibandingkan hate speech.

Sebagai anak-anak Tuhan, kita dipanggil untuk mengasihi sesama dan bukan saling menghancurkan. Ya gak? Daripada membuang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna, mending menyebarkan kebaikan! Tiga hal ini bisa jadi langkah konkrit untuk berbagi kasih dan kebaikan dalam berkata-kata:

  1. Bersyukur

Pikirkan tentang apa yang dapat Anda syukuri tentang seseorang dalam hidup anda. Kemudian ungkapkan rasa terima kasih Anda dengan secara sederhana mengatakan: “Terima kasih!” atau bisa juga dalam satu-dua kalimat tulus.

  1. Tidak memberikan kritik yang menjatuhkan

Dibanding mengkritik seseorang secara berlebihan, lebih baik berikan ia semangat. Ini akan membantu orang dalam meningkatkan harga diri mereka, maupun melakukan pekerjaan yang lebih baik.

  1. Ingatlah bagaimana kebaikan orang lain kepada Anda

Hanya duduk selama beberapa menit dan cobalah untuk mengingat satu atau beberapa kebaikan orang lain yang benar-benar menyentuh dan membantu Anda keluar dari masalah. Kemudian pikirkan tentang bagaimana Anda dapat melakukan hal-hal yang sama bagi seseorang dalam hidup anda.

Nah, semoga membantu! Mari berbagi kasih, bukan hate speech. Salam lestari!

***

Sumber : Kolom Jemaat oleh Pinkan Jovany dalam Warta Jemaat GKI Gejayan Bajem Adisucipto Edisi Minggu 19 Februari 2017.
Facebooktwittergoogle_pluspinterestmail
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry