Menjadi Pengguna Internet yang Cermat

Facebooktwittergoogle_pluspinterestmail

Kemajuan teknologi kini memudahkan kita dalam berkomunikasi. Kalau dulu orangtua atau kakek nenek kita ingin mengirim pesan, mereka harus mengirim surat yang memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Kini kita hanya membutuhkan beberape detik untuk dapat mengirimkan pesan kepada orang yang berada di luar negeri sekalipun. Sama halnya dengan menyebarkan informasi, dulu butuh waktu lama bagi para pejuang proklamasi untuk menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia ke seluruh wilayah Indonesia. Kini hanya dengan copy paste dan share ke berbagai grup dalam media sosial, informasi dapat tersebar dalam hitungan detik. Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi masa kini tentunya memberikan keuntungan kepada kita, namun sayangnya kemudahan ini kini seringkali dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk melakukan kejahatan. Salah satu kejahatan yang kini marak terjadi adalah kejahatan publik dalam bentuk penyebaran berita hoax.

Berita hoax sendiri merupakan informasi atau berita yang tidak sesuai dengan fakta atau kenyataan yang sesungguhnya. Tak jarang juga berita hoax dibuat oleh beberapa pihak berkepentingan khusus dengan tujuan tertentu pula. Kita seringkali menerima berita yang bombastis yang dibagikan ke dalam grup-grup media sosial kita. Terkadang karena kita merasa berita itu penting lantas kita melanjutkan untuk membagikan berita itu ke media sosial kita. Namun sadar kah kita bahwa ternyata berita yang kita sebarkan itu adalah hoax dan justru menyesatkan orang? Berikut adalah beberapa tips yang dapat kita terapkan dalam menjadi pengguna internet yang cermat memilah antara berita fakta dan hoax:

1. Cek domain atau URL berita.

Cek domain atau URL dimana berita itu pertama kali diunggah. Apabila domain atau URL yang menggunggah hanyalah domain-domain amatir dan tidak trpercaya anda perlu waspada bahwa berita yang mereka unggah bisa jadi adalah hoax. Sebaliknya apabila domain atau URL yang mengunggah berita tersebut meruoakan domain atau URL resmi yang terpercaya, besat kemungkinan bahwa berita tersebut benar adanya.

2. Cek gambar/foto dalam berita.

Seringkali kita digemparkan oleh berita kecelakaan dengan foto yang sungguh tragis, atau ada pula berita mengenai kondisi pengungsi di kasus bom beberapa waktu silam denfan foto-foto yang menyayat hati. Namun apabila kita cermati terkadang meskipun beritanya berbeda lokasi dan waktu kejadian, foto yang tertera adalah foto yang sama. Hal ini yang perlu kita cermati pula, anda dapat mengecek keabsahan dan kebenaran dari foto atau gambar melalui google image. Anda hanya perlu masuk ke dalam google image, kemudian drag foto tersebut ke dalam kolom pencarian google image. Melalui cara ini anda dapat mengetahui dengan jelas siapa sumber dan berita asli dari foto itu.

3. Cermati kalimat-kalimat dalam betita.

Berita hoax dipenuhi dengan kalimat-kalimat yang bombastis dan penuh sensasi. Apabila kalimat-kalimat dalam berita tersebut terlalu lebay dan bombastis, anda perlu curiga bahwa berita tersebut hoax. Meski begitu, tidak selamanya berita yang memiliki kalimat bombastis itu hoax ya, anda perlu juga memastikan hal-hal lainnya.

4.Perhatikan kredibilitas narasumber dalam berita.

Kredibilitas merupakan salah satu tolok ukur kemampuan seseorang. Kredibilitas sedikit banyak juga menjamin kepercayaan kita terhadap seseorang, begitu pula sebaliknya. Apabila narasumber dalam berita tersebut tirak tetkenal, tidak memiliki kredibilitas yang baik , ataupun tidak sesuai dengan berita, besar kemungkinan bahwa berita tersrbut merupakan berita hoax.

5. Jangan share berita apabila anda belum dapat memastikan kebenaran dari berita.

Nah, langkah terkahir ini paling penting, kalau kita sendiri belum yakin akan kebenaran berita jangan asal menyebatkan berita tersebut ya. Kita tentunya tidak mau menyesatkan teman-teman kita di media sosial. Maka dari itu sebelum membagikan berita ke media sosial, hendaknya kita sudah dapat memastikan kebenaran berita tersebut. (DK)

Facebooktwittergoogle_pluspinterestmail
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry